Daftar Penulis
Pencarian Dokumen
Daftar Dokumen
Transformasi Pesan Konservasi Melalui Video Motion graphic di Direktorat Jenderal KSDAE
Rivaldy Trisaputra
dokumentasi kegiatan magang yang dilakukan di Direktorat Jenderal KSDAE, yang berfokus pada pembuatan motion graphic sebagai media edukasi dan konservasi. Laporan ini mencakup proses perencanaan, pembuatan, validasi konten, serta tantangan yang dihadapi selama magang. Tujuan laporan adalah memberikan gambaran menyeluruh tentang proses kreatif dalam mendukung komunikasi visual berbasis konservasi. Selain itu, laporan ini juga menyoroti pembelajaran terkait regulasi industri, pentingnya validasi konten, dan adaptasi terhadap kebijakan internal, dengan fokus pada pengembangan karya yang relevan, kredibel, dan sesuai dengan tujuan organisasi.
Status: publik
Transformasi Pesan Konservasi Melalui Video Motion graphic di Direktorat Jenderal KSDAE
Rivaldy Trisaputra
dokumentasi proses pembuatan berbagai motion graphic yang dibuat selama periode Oktober hingga November 2024 untuk mendukung kampanye edukasi dan konservasi di bawah naungan KSDAE. Setiap video dirancang untuk menyampaikan informasi yang menarik dan edukatif kepada masyarakat, dengan memanfaatkan animasi visual yang kreatif dan informatif. Motion graphic pertama berjudul “Fun Fact Kodok Tanduk Sumatra”, yang memperkenalkan fakta menarik tentang spesies endemik ini, termasuk habitat, ciri khas, dan keunikannya. Video berikutnya adalah “Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional”, yang dibuat untuk memperingati pentingnya flora dan fauna dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Dirilis video “Fakta U...
Status: publik
IMPLEMENTASI GAME EDUKASI BERBASIS UNITY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 04 CIANGSANA DENGAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Rivaldy Trisaputra
Mengembangkan game edukasi 3D berjudul "Equation Elimination" menggunakan Unity 6 dan metode Game Development Life Cycle (GDLC) untuk meningkatkan minat belajar Matematika siswa kelas 6 SDN 04 Ciangsana. Game ini dirancang berbasis Kurikulum Merdeka, mencakup materi perkalian, pembagian pecahan, rasio, dan kubus, dengan format executable Windows dan tampilan 3D single-player offline. Pengujian dilakukan melalui tahap alpha, beta, dan rilis, melibatkan 48 siswa. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan indeks minat belajar sebesar 6,71%, dari 68,53% menjadi 75,24%, dengan perubahan signifikan pada ketertarikan belajar di luar jam pelajaran (56,67% ke 74,58%) dan kenikmatan proses...
Status: publik